image1 image2 image3

Hello I'm Febriinanda|Welcome To My Personal Blog|I Love Eating And Sharing

File CSV, Insert 1000 Data dalam Waktu 10 Detik!

Kali ini saya akan membuat postingan mengenai cara untuk melakukan import data kedalam database PostgreSQl menggunakan file CSV. Bagi yang belum tahu tentang file CSV yang dimaksud simak kutipan dari Wikipedia berikut ini. 
Comma Separated Values atau CSV adalah suatu format data dalam basis data di mana setiap record dipisahkan dengan tandakoma (,) atau titik koma (;). Selain sederhana, format ini dapat dibuka dengan berbagai text-editor seperti Notepad, Wordpad, bahkanMS Excel
Jadi export data menggunakan file CSV ini berguna untuk memudahkan dalam melakukan input data ke dalam database dengan cukup sederhana. Berikut akan saya jelaskan sekaligus lengkap dengan Screenshot dari tiap langkah. Check It Out!


1. Siapkan file CSV. 
File CSV yang akan kita buat kali ini dibuat menggunakan Microsoft Excel. Perhatikan SS berikut


Penulisan Nama Field
Pada baris pertama kita isi dengan nama field sesuai pada tabel yang ada dalam database. Nilai pada baris ini merujuk pada nama field yang akan diisikan sehingga penulisan nama harus benar-benar sama dengan yang ada pada database. Pada database, saya memiliki field ID, nama, latitude dan longitude namun saya tidak menuliskan pada file CSV. Kenapa? Karena ID pada database ini telah saya set dengan nilai "Auto Increment" sehingga ketika ada nilai yang masuk maka database yang akan mengisikan nilai untuk ID tersebut. Jika ada field yang ingin kita kosongkan, maka nama field tidak perlu dibuat. Intinya, pada file CSV hanya diisikan nama field dan nilai yang akan diinputkan ke dalam database. Saya akan mengisikan beberapa nilai.
File CSV
Telah saya masukkan beberapa nilai. Hanya saya isikan sedikit karena hanya untuk contoh. Kemudian akan saya perlihatkan isi database sementara.
Data Saat Ini
Kita simpan file yang kita buat tadi dengan format CSV. Klik File->Save. Pilih format CSV(Comma Delimited)(.csv). Buat nama file sesuai kebutuhan. Klik Save. Akan ada beberapa window yang berguna sebagai pemberitahuan, Pilih saja YES, OK, dan sebagainya. (Positif Answer!).
Format CSV
Buka PhpPgAdmin. Pilih database->Pilih tabel->Pilih Import. Akan muncul tampilan berikut.
Tampilan Import
Pilih Format CSV, kemudian pilih file CSV yang telah kita siapkan tadi. Klik Import. Waktu proses tergantung dengan banyak data yang akan dimasukkan dan spesifikasi komputer. Jika berhasil akan ada pemberitahuan "File Imported". Tidak jarang akan ada keselahan pada saat import file. Biasanya kesalahan yang terjadi seperti salah nama field, pemberian nilai yang tidak sesuai dan sebagainya. Apabila terdapat pesan error, pastikan kelengkapan dan kebenaran data yang akan dimasukkan.

Berikut data setelah hasil penambahan menggunakan file CSV yang saya lakukan. Sekali lagi, ID diisikan secara otomatis oleh database. :D
Hasil Setelah Import Sukses!
Kelebihan menggunakan file CSV untuk import ini terletak pada kemudahan dalam insert data dalam jumlah besar kedalam database dibandingkan dengan INSERT manual satu-satu. Namun hal ini kembali kepada kebutuhan kita karena masing-masing metode memiliki tahapan dan proses yang harus dilakukan. Tergantung kebijakan kita sebagai pengguna untuk menggunakan metode yang mana.

Dengan bertambahnya data pada tabel yang kita inginkan maka telah berhasil pula kita dalam melakukan import data menggunakan file CSV pada database PostgreSQL. Saya rasa postingan ini telah sampai pada tujuannya. Saya Penulis, 22 Thn, Pria Lajang. Selamat Siang dan Sampai Jumpa. Salam Olahraga! :D


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar